HK is for Hadi Kuncoro

My photo
A Friend, Husband & Father! Time is always change and so does the world! House of Changes by HK is there to partner with you to share, brainstorm and dreams. We build a new pardigm for a better life and society. I do invite you to encourage ourself to lead the changes! Hadi Kuncoro

Sunday, October 31, 2010

Sampai Nanti Ada Yang Menegur!


+ ''Gak papa.... Sampai nanti ada yang marah...hahahaa" Begitu suara gembira seorang pria dewasa. Dan melihat penampilannya, sepertinya dia sudah terbiasa melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang. Saat itu kami (maksudnya aku dan pria tersebut, sebut saja si Fulan) sedang berada tepat di lorong belalai menjelang memasuki badan pesawat menuju Bangkok.

- 'Sir, excuse me.... Could you please turning off your mobile please....' akhirnya seorang pramugari menegur si Fulan untuk mematikan handphonenya dan menunjukan nomor tempat duduknya.

+ 'Ok... Udah ditegur... Aku matiin dulu yah... I love you darling...' sembari senyum-senyum semanis mungkin bukan hanya pada sang pramugari tapi juga kesekitarnya yang pula sedang tertarik memperhatikan polah tongkahnya.

Ada beberapa hal yang menarik dalam fikiranku sembari memperhatikan polahnya si Fulan. Pertama bahwasanya selama di dalam lorong belalai, isi pembicaraannya pun bukan merupakan hal yang memiliki urgensi tinggi karena lebih banyak tertawa hahahahahanya dan darling-darlingannya (dan aku tidak sedang dalam posisi ngiri atau cemburu loh). Kedua, bahwasanya si Fulan memang menyengajakan diri untuk menantang agar ada yang menegur dan memarahi (susah membedakan antara berjiwa iseng atau memang ingin menunjukan sesuatu). Ketiga, aku menengarai dan meyakini dia adalah sejenis manusia agak exhibitionist yang berbicara dan tertawa begitu keras seolah meminta seomua orang memperhatikannya.

Sayangnya aku tidak memiliki keilmuan phsicology yang baik (aku cuman sedikit tahu ilmu kebatinan.... Dan sialnya Itupun seringnya terpendam dalam bathin saja... Jadi gak pernah pinter dan keluar juga) sehingga akhirnya aku hanya sanggup menerka dan bermain-main dengan fikiranku tentang apa yang kemudian melatar belakangi sesorang bisa memiliki perilaku semacam tersebut. Bagi ku akan mahfum adanya ketika seseorang berpolah hyper manakala berada dalam sebuah kelompok grup agak banyak tapi menjadi unik dan menarik ketika hal tersebut hanya dilakukan ketika sedang sendiri.

Kemudian seperti biasanya aku hanya bisa mengambil sebuah pembelajaran bagi diriku sendiri, bahwasanya tidak semua orang akan merasa nyaman akan tingkah polah antiknya kita, apalagi misalnya sampai mengeluarkan suara keras-keras yang dapat menggangu suasana tenang. Dan kemudian bahwasanya polah kita lah yang akan memposisikan image positif atau negatif diri kita dengan seketika itu juga karena atas reaksi yang orang lain lihat, pegang, cium dan rasakan saat itu.

Kembali mengingat kejadian dengan si Fulan yang memang menyengajakan menantang agar nantinya akan ada yang menegur atau memarahi atas pelanggarannya, aku Teringat dahulu ketika aku mengatar ayahku berobat pada seorang dokter senior karena sakit akibat ulahnya sebagai perokok berat.

+ 'Pak, ini semua karena kebiasaan merokok Bapak yang begitu sangat parah...' begitu penjelasan sang dokter

- 'Dok, kawan saya bulan lalu meninggal juga, padahal dia tidak merokok dan sebaliknya orang tua saya meninggal ketika usianya hampir 100 tahun... padahal beliau perokok lebih berat daripada saya' begitulah ayahku memeprtahankan argumennya agar terhindar untuk berhenti dr kebiasaan merokoknya.

+ 'Silahkan, sekarang tersehar Bapak, saya hanya kasih tau.....mau berhenti sekarang atau nanti suatu saat juga ada yang menegur memberhentikan bapak..... Tanpa bilang-bilang!' begitulah singkat dan padat jawaban sang dokter yang membuat kami tersenyum simpul gusar....

Salam ti Si H@di Tea EuY!!

Selamat berakhir pekan sahabat Tea Euy!

2 comments:

Jefri Sibarani said...

hehehe, ilmu kebatinan, berarti perlu disahah tuh biar mantab. Btw kadang memang ada orang yang perlu ditegur koq.

Erlanda Red Army said...

ilmu yg sulit, btw sukses ya...jangan lupa visit blog ane www.erlandaevario.blogspot.com thanks