HK is for Hadi Kuncoro

My photo
A Friend, Husband & Father! Time is always change and so does the world! House of Changes by HK is there to partner with you to share, brainstorm and dreams. We build a new pardigm for a better life and society. I do invite you to encourage ourself to lead the changes! Hadi Kuncoro

Sunday, October 31, 2010

Kemanusiaan yang adil dan beradab

+ Andrey Garnilova (AG) “Indonesian people has intentionally to endeavor the rules...”
- Aku “To seek a way out of the rules is meaning for creative, isn’t it ?”
+ AG “Creative from a good man is not on the negative things.....”

Dan begitulah percakapanku dengan colleague dari Rusia sana, dalam melihat kenyataan bahwa hebatnya orang Indonesia yang selalu mencari cara mengakali peraturan-peraturan yang berlaku.
Sebetuljujurnya bagiku sangat menyedihkan menerima komentar yang begitu sangat negative terhadap perilaku-perilaku yang sering terjadi di negeri ini. Namun apa daya, aku sendiri tak memiliki bukti kuat untuk membantahnya karena seringkali perilaku-perilaku tersebut tampak di depan mata kita. Sebut saja bahkan di jalan Sudirman Jakarta ini yang sudah diberi pagar, bahkan tetap saja para penyebrang jalan melintas seenaknya, padahal jembatan penyebrangan tersedia tak lebih dari 10 meter sebelah kanannya.

Padahal ditilik dari sisi pendidikan dan kedekatan bimbingan dalam keluarga, Bangsa ini paling banyak mengajarkan tentang adab dari kita sejak kecil dulu. Sebut saja; sila kedua dari dasar negara kita yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab, kita selalu diajari bagaimana adab terhadap orang tua atau guru, bahkan agama pun mengajari adab terhadap sesama dan bahkan gilanya bukan hanya sekedar adab antar sesama manusia saja tapi juga dengan binatangpun kita diajari memiliki adab yang baik, misal adab menyembelih ayam atau hewan kurban dan lain sebagainya.

Sekarang ketika Facebook membooming pun ada ratusan ribu orang Indonesia menjadi member berbagai group komunitas tentang kebaikan sebut saja; komunitas Pak Mario Teguh, Komunitas berbasis keagamaan bahkan ada yang specific bergabung dalam group kelompok Belajar Adab contoh Rasulullah Belajar-Adab-Adab-Sunnah , Namun kemudian itu semua seolah tak ada artinya ketika kita melihat kenyataan bahwa aktifitas pelanggaran adab-adab perilaku sering terjadi di keseharian aktivitas di Negeri ini, bahkan hampir 24 jam mulai di jalan, di kantor sampai di televisi.

Sialnya kemudian, ketika kemudian kita tertangkap basah sedang melanggar sesuatu aturan, seringkali kita mencari pembenaran dengan cara menyalahkan contoh-contoh adab perilaku buruk dari para atasan dan petinggi bangsa ini.

+ Aku “Maaf Pak, kenapa bapak bawa motor di jembatan penyebrangan?”
- Si Bapak “Ah... cerewet amat sih lo, biar cepet!!” sembari menggas motornya... bruum brumm.... berusaha melewatiku dan kawan-kawan yang sedang berjalan kaki
+ Aku “Ya, tapi ini kan tempat buat menyebrang pejalan kaki Pak...” sembari aku tetap mencoba menghalangi jalan laju kendaraan bermotor tersebut.
- Si Bapak ‘Heh... Elo, polisi juga bukan... Minggir lo !!! kalo Lo mau, tuh koruptor di pemerintah ma anggota DPR Lo bilangin juga.....”

Dan kemudian aku tertegun melongo, bahwa :
1. Aku bukanlah seorang aparat hukum yang harus menyeret para pelanggar hukum, tapi bahwa aku hanyalah pemilik hak pengguna jembatan penyebrangan jalan
2. Apa hubungannya melanggar peraturan penyebrangan jalan dengan para anggota DPR
3. Kenapa kemudian jadi dia yang lebih galak yah ?

Dan menurut pemahaman saya ADAB adalah berarti adat kebiasaan. Kata ini menunjuk pada suatu kebiasaan, etiket, pola tingkah laku yang dianggap sebagai model. Dan, adab ini merupakan cerminan pribadi diri akan ahlaknya. And It’s about private manner yang tumbuh dari kekuatan akhlak seseorang.

Tadi malam aku berdiskusi dengan seorang sahabat, beliau termasuk seorang executive muda Jakarta kelas menengah atas. Bahkan sebagai lawyer sahabatku pun menjadi kesulitan bagaimana menemukan cara agar Bangsa ini segera memperbaiki mentally defect-nya agar stigma negative hilang dan pergi dengan segera serta berbalik arah menjadi stigma masyarakat yang betul-betul ramah, santun, giat bekerja dan bersungguh-sungguh dalam melakukan adab yang baik.

Bahwa faktanya kamipun berdua bersepakat bahwa Bangsa ini adalah bangsa yang kaya baik sumber daya alam maupun populasi, tingkat kecerdasan juga tak memalukan dengan beberapa kali meraih medali di dunia science dan pekerja keras. Terkait dengan pekerja keras ini aku ingin menghigh light bahwa kita memiliki endurance dan stamina yang baik dalam bekerja, sebut saja : Ibu-ibu pedagang sayur harus memulai hari dari sejak dini hari hingga kembali di malam hari, pekerja kantor berangkat subuh dan kembali malam hari karena kemacetan dan rintangan lainnya, dan masih banyak fakta betapa perkasanya bangsa ini.

+ Aku “Maaf Ibu, kami semua mengantri loh.....” begitu aku mengingatkan seorang ibu yang sedang memanfaatkan “keibu-ibuannya” mencoba untuk tidak mengantri, dan bukan karena kesungguhan dalam keadaan darurat (Saya sempat melihat Ibu ini sedang bermake up di dalam mobilnya diparkiran dan jarak waktu dari saya melihat beliau hingga mengantri sekitar 13 menit, so tidak ada kejujuran terburu-buru tersebut!).

- Ibu “Aduh maaf Ya Dik, Saya sedang terburu-buru nih boleh duluan nggak ?” Sembari mengeluarkan smiling magic-nya

+ Aku “Maaf Bu, silahkan mengantri... Kan sudah ada pengumuman aturannya tuh...” sembari aku menunjuk pada sign board yang bertuliskan HARAP MENGANTRI DENGAN TERTIB!

- Ibu “Ah.. Aturankan yang bikin manusia, jadi bisa di atur ituh.....” sembari sewot dan akhirnya Sang Ibu terpaksa turut mengantri sembari menjadi totonan bagi para pengantri.

Dan dengan riang Aku menjawab “Aduh iya nih Bu... sayangnya Saya teh bukan buatan manusia Bu... jadi saya nggak bisa diatur oleh manusia yang kurang memiliki adab yang baik!”

Dan mari kita bayangkan bahwa:
1. Ibu tersebut sedang berupaya mencoba melakukan trial and error (kebiasaan gambling dan mencari jalur singkat - bangsa ini banget)
2. Sangat memungkinkan ibu tersebut berbohong mengenai keterburu-buruannya
3. Ibu tersebut tidak memiliki kemampuan perencanaan dan priority management
4. Menganggap semua itu bisa diatur walopun harus kemudian tidak menghargai hak orang lain
5. Dan dia adalah seorang Ibu/Bunda/Mama/Ummi/Mommy yang memiliki beban tanggung jawab lebih besar untuk memberikan pengajaran dan pendidikan bagi anak-anaknya tentang nilai-nilai mulia.

Selamat berakhir pekan, semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk menjalankan adab yang baik dan benar dalam keseharian

Salam Ti Si H@di Tea EUY!!

4 comments:

Ari said...

mau menang sendiri kayaknya dah jadi ciri khas bangsa ini

Anonymous said...

If we take barbarism to be the opposite of civilisation (which Gibbon himself did not do), then we must remember that it not a state of absolute liberty. [url=http://www.mulberryhandbagssale.co.uk]http://www.mulberryhandbagssale.co.uk[/url This physical therapist assistant certification not only expands your knowledge base but helps you perform better and provide quality treatment.. [url=http://www.goosecoatsale.ca]canada goose outerwear[/url] Fcclquxhk
[url=http://www.pandorajewelryvip.co.uk]pandora jewellery[/url] Xhrjiabtr [url=http://www.officialcanadagooseparkae.com]canada goose coats[/url] ogulupmpq

Anonymous said...

"Blake Reynolds apparent humility liked to be held to be a form of hypocrisy. http://www.downuggboots.com Moreover, I became a professional fashion designer. ghd hair One person designated as has to try to catch everyone else playing, all of whom are trying to dodge out of the person way. http://www.softuggboots.com If you don already have a men long, oversized denim shirt to wear as a shirtdress thrift for it or ask your dad for one. http://www.morenorthface.com Kanye in Canada goose Men Maya Red Down Vests !Anytime the Hip Hop community gets a hold of anything they let it be known.

Anonymous said...

It's a stressful moment: no one wants to say to a designer on their big day that one of the models they loved (and fitted the clothes on) is no longer available. north face backpacks The app will provide users access to all the same content as the website, and will include personalization features to let users decide which universities and which sports are most important to them. http://www.manyghdhair.com Choosing one of the best fashion design schools is something that can take a little extra time, but it will pay off in the long run. north face uk The unorthodox name comes from the eponymous Betty Davis (not Bette) song and is meant to embody the kind of woman who shops at the store: sexy and there are a multitude of meh online options for women clothing shopping, success in something like this is all about curation and maintaining cachet. ugg sale While you can wear a Kindle (or Nook), it definitely qualifies as an accessory; and believe me, the Kindle was the queen of the accessory category for summer trends in 2011.