HK is for Hadi Kuncoro

My photo
A Friend, Husband & Father! Time is always change and so does the world! House of Changes by HK is there to partner with you to share, brainstorm and dreams. We build a new pardigm for a better life and society. I do invite you to encourage ourself to lead the changes! Hadi Kuncoro

Thursday, June 24, 2004

Cerita Pernikahan Bag I

 
"Menikah dengan mu"
Inilah arti sebuah jodoh yang absolutely berada di tangan Tuhan....

bagaimana tidak ? Kami (saya dan Isteri :red) dipertemukan oleh Allah dan juga diberi-NYA ijin untuk bersatu merangkai kehidupan baru sebagai keluarga pada tgl 11 January 2003 (trims untuk semua supportnya pals!!)

Bila mengingat masa pertama kita bertemu banyak hal yang kemudian selanjutnya bahwa kami berdua sangat yakin Jodoh itu berada di tangan Allah. Sebelum saya mendongeng, sebagai ilustrasi lebih jelas perlu diterangkan bahwa isteri saya bekerja sebagai Recruitment Consultant di sebuah perusahaan Australia - Indonesia di daerah Jakarta Selatan.

Bagaimana tidak ? Isteri saya telah menyimpan CV saya selama lebih dari satu tahun tanpa ada alasan yang jelas. Pada saatnya kemudian, dia menelpon untuk menawari saya pekerjaan baru dengan gaji dan fasilitas baru ternyata itupun masih saya tolak telponnya dan saya suruh untuk telpon kembali setelah office hour. Jodoh memang tidak kemana, jam 5:30 sore 19 Februari 2002 (kalo gak salah) ternyata dia telpon kembali dan merayu saya untuk at least mencoba melakukan interview. Sejujurnya pada saat itu tawaran gaji dan fasilitasnya sangat-sangat menggiurkan, namun perusahaan tersebut sudah terlalu besar dan mantap, pada saat itu saya memutuskan untuk belum berminat terhadap tawarannya (gue mikir pada saat itu gue lagi gak money oriented dan gue lagi pengen banyak belajar.... sombong bener gue... hehehe).

Pertelponan pertama rupanya membawa pertelponan-pertelponan berikutnya, dan yang menggelikan ternyata saya yang setiap hari menelpon dia bukan sebaliknya, seperti pada awalnya (waktu itu gue mikir.... investasi nih buat masa depan....karir gue....hehehehe)....

perbincangan pertelpon semakin hari semakin menjurus adanya ketertarikan satu dengan yang lain.... akhirnya...
dengan segala tipu daya dan muslihat sebagai laki-laki sejati, saya berhasil mengundang dia ke kantor saya dengan alasan saya perlu buku-buku mengenai cara mewawancarai seorang kandidat. Jam 7 malem tgl 22 Maret 2002 dia hadir dikantor saya dengan gaya khas : kaca mata minus dengan frame tangkai hitam dan lenca setebel pantat botol, rambut warna cat merah jagung, blazer hitam dan celana panjang hitam.....heheheheem..... sempet grogi juga (grogi adalah ciri khas orang kalo ada hati..hehee : red)

perbincangan dimulai.... mengenai sekolahnya, kerjaannya de el el.... sampe yang nggak habis fikir bisa-bisanya saya minta KTPnya untuk di foto copy... (kalo isteri saya bilang sih...keterlaluan nih cowok!!!). Pada saatnya pengakuan (setelah menikah :red) isteri saya pada saat itu sangat menilai minus saya sebagai laki-laki, ketambah status masing-masing kita saat itu adalah punya pasangan...(edan tenan!!!). Pokoknya dia bilang..."gue nggak sudi ama cowok ini... nggak sudi!.. nggak sudi!! nggak sudi!!!"

Menghadapi kenyataan sebagai pria yang sedang berkeprok hanya sebelah tangan (bertepuk sebelah tangan maksudnya :red), hal tersebut tidak kemudian membuat diriku surut.... pertelponan tetap berlanjut... dan imel-imelanpun tetap terjaga dengan baik dan sangat harmonis...(cuih deh!!)..

Jreng....Jreng......akhirnya !!!!
Kami berdua memutuskan untuk menjalin hubungan yang lebih serius, PACARAN!!!! 1 April 2002 tapi dengan kondisi bahwa kita harus menyelesaikan permasalahan dengan pasangan kita masing-masing.
Bulan Juni.... Kita memulai untuk serius membicarakan pernikahan dengan alasan pada saat itu dia akan melanjutkan untuk mengambil Master di Luar hasil dari Beasiswanya.
Mulailah, semua rencana masa depan kita susun bersama.

Bulan Agustus 2002, saya memutuskan untuk mulai memperkenalkan dia ke keluarga saya...huaaa... sebagaian besar mulai menunjukan kontranya.

Ibu saya bilang "kenapa mesti orang Batak ?...Orang Batak kan...bla...bla...bla.....Ugch!!!!"
Kakak saya satu-satunya tidak berkomentar sama sekali namun selanjutnya dia tak pernah menyapa saya.
Adik saya satu-satunya hanya tersnyum-senyum saja ntah apa maksudnya.
Ayah saya satu-satunya yang lebih bijak, beliau hanya berkomentar "Kalo kamu sudah siap dan tidak main-main dalam mengambil keputusan ini, maka apa boleh buat Bapak akan merestui dan mendukung"
Bahkan tak lupa pembantu kami pun berkomentar "Kayaknya bagusan mbaknya yang kemarin deh Mas daripada ini..."

Sebulan lebih, saya di bantu oleh Ayah mencoba meyakinkan semua keluarga untuk mengerti permasalahan ini, Jakarta - Bandung saya lakonin hampir setiap akhir pekan, kadang saya ajak dia untuk juga nemenin saya. Setiap perjalanan pulang ke Bandung naik Parahyangan, isteri (waktu itu masih pacar :red) saya selalu menangis karena ketakutan dan trauma atas kejadian pertemuan pertama (gue tau rasanya betapa pedih banget dicuekin, dicemberuti de el el).....
Tak lupa saya juga berjuang terus meyakinkan isteri saya agar tidak memasukan ke dalam hati, karena hal tersebut merupakan ketakutan-ketakutan dari keluarga kami yang tahu anak laki satu-satunya akan memiliki seorang isteri yang belum jelas bibit, bebet, bobotnya bagi mereka.

13 September 2002, saya memutuskan untuk mengajak keluarga saya (akhirnya mereka mau juga setelah sadar bahwa ternyata calon mantunya baik dan bisa diandalkan) terbang ke Medan untuk melakukan acara pinangan (lamaran). Acara pinangan kami pun tertunda satu minggu karena seluruh keluarga kami terbang ke Surabaya dahulu demi acara untuk sang cucu dari putra pertama kakak saya (kakek dan nenek lebih sayang dari cucu ketimbang anak...telah terbukti....hehehe)

Pertemuan antar keluarga di acara pinangan tersebut membawa kejelasan untuk kedua belah pihak berkaitan dengan bibit, bebet, dan bobot masing-masing keluarga kami. Namun itu semua bukan berarti cerita telah berakhir, justru cerita baru akan segera dimulai : tanggal, bulan dan tahun pernikahan kami sepakati, tempat penyelenggaraan kami siapkan dan acara resepsi kami segera susun rencana dan anggarannya.... wuuich...pekerjaan agung nih akan segera tergelar BUNG!!!...

Oktober,November, Desember 2002.... telah berlalu tawa, tangis, makian, ancaman, hinaan semua tercampur baur dalam rangka persiapan acara akbar tgl 11 Januari 2003 AKAD NIKAH dan RESEPSI PERNIKAHAN.
Buku Panduan tersusun, daftar belanja, daftar kebutuhan dan daftar pelaksanaan tersusun rapi dan selalu kami bawa kemanapun kami pergi.
Sebetulnya kami berharap semua persiapan ini tidak akan mengambil energi dan waktu kami (karena kita berdua sudah terlalu sibuk di kantor), namun ternyata kami menyadarai kami harus lebih banyak menyiapkannya sendiri ketimbang menyerahkannya kepada orang tua kami. kelelahan, stress dan under pressure mengakibatkan kegagalan pernikahan berkali-kali menghantui kami berdua... namun Allah berketentuan lain bahwa kesadaraan diri dan tujuan mulia yang telah kita sepakati bersama dan juga dukungan serta wejangan dari teman-teman dekat dan keluarga, telah membawa Acara Pernikahan kami terwujud sesuai dengan rencana yang telah kita susun.

Banyak hal yang bisa kami dapatkan dari perjalanan tersebut yang mana salah satunya adalah perbedaan bukan berarti permusuhan, namun justru sebuah sinergi positif yang bisa kita dapatkan karenanya. Semua terwujud karena rasa kesadaran akan Tujuan mulia secara kolektif dan rasa toleransi yang tinggi satu dengan yang lain. Penyadaran bahwa kita adalah satu dan kita bukan musuh dan tidak pula sedang berkompetisi satu dengan yang lain, kita adalah sebuah kesatuan di tengah jalan yang sama dan arah tujuan yang sama.

Seperti apa yang tertulis pada souvenir pernikahan kami ( Masih ada beberapa souvenir kami.. siapa mau ?)

Listening is the first drop of a million miles river of love
Understanding is find the purest truth, to control the flow instead of follow it
Ocean Of Love : Then You'll found the true, faithful ones to the ocean of love....
The eternity.......

h@di yg ingin berbagi tea EUY!!!


1 comment:

:: andinie :: said...

halo mas ampang kuranji,

dalam beberapa waktu ke depan saya berniat membuat website yang isinya kurang lebih ttg sharing pengalaman orang2 dalam menemukan jodohnya. saya harap dapat memposting tulisan mas ini dalam web tersebut ya. mohon kabari saya kalo diijinkan. kontak saya ke a_andinie@yahoo.com ya.

trims, andinie