HK is for Hadi Kuncoro

My photo
A Friend, Husband & Father! Time is always change and so does the world! House of Changes by HK is there to partner with you to share, brainstorm and dreams. We build a new pardigm for a better life and society. I do invite you to encourage ourself to lead the changes! Hadi Kuncoro

Monday, November 14, 2011

By Sikil...........


Banyak sekali dari kita hanya menjalankan ritual tanpa memahami pengetahuan baik itu sejarahnya ataupun juga filosifi dari apa yang kita kerjakan. Begitupun suatu saat ketika saya ngemce-i sebuah acara pembuakaan toko sepeda kawan. Ya, banyak yg tidak tahu sejarah tentang sepeda.

Sepeda menurut telusur di mbak google (wikepidia) bermula di abad 18 di Perancis dengan sebutan nama Velocipede. Yang konon bahasa ini terbawa ke Belanda dan selanjutnya merunut sejarah kolonialisasi Belanda atau Portugis membawanya juga ke Indoneisa (Hindia Belanda). Sayang namun kemudian biar gampang Si Meneer Belanda or Portugis ini menyingkatnya menjadi Cipede yang ternyata (Wallohualam) terdengar oleh orang pribumi menjadi SEPEDA. Dan Hingga sekarang kita mengenal sebutannya sebagai SEPEDA.

"Dan, kemudian tahukah kalian berasal dari bahasa mana & apa, asal usul kata bicycle dalam bahasa Inggris yang bermakna Sepeda?" Begitu pertanyaan untuk games permainan untuk memenangkan doorprize pada seluruh bikers.

Sebagian besar audience cuman bisa cengar-cengir dan garuk-garuk kepala, sebagian menjawab :

"Dari Bahasa Arab..."

"Amerika..." dll

Dan sekonyong-konyong dari belakang kerumunan Bikers, munculah Sang kakek (teman ngawangkong) berteriak :

"Dari Bahasa Jawa.... BY SIKIL...." dan terpaksalah saya menyerahkan kaos sepedaan bermerek ke sang Kakek sebagai Doorprize. Dan komentar Saya sambil menyerahkan hadiah "Kaosnya dipake buat sepedaan ya Kek...!"

Tahukah, ternyata istilah Sepeda memiliki sebutan berbeda-beda di masing-masing daerah : sebut saja PIT : dari Daerah Jawa tengah & Timur, Kereta Angin : di daerah Sumatera utara, di Sunda sebutannya Sapedah, di Aceh kuetangen atau kuetanging, di Malaysia disebut basikal dan lainnya....

Selamat malam dan menikmati kemacetan Jakarta!

Salam Ti Si H@di Tea EUY!

No comments: